Pin It
Search
Thursday 6 August 2020
  • :
  • :

Wisata Singkat Ke Aceh Selatan

Aceh selatan dikenal sebagai daerah yang memiliki tempat-tempat eksotis untuk berwisata, mulai dari wisata alam, pantai dan sejarah. Bila kebetulan kalian sedang merencanakan mengunjungi aceh selatan sebaiknya jangan lewatkan beberapa tempat wisata yang paling favorit. Team aceh selatan memberikan referensi semoga cukup bermanfaat untuk kalian yang ingin menghabiskan waktu liburan di kota naga.

1. Air dingin di Sawang

Tempat yang satu lokasinya tepat dipinggir jalan utama Medan – Banda Aceh. Hari-hari biasa tempat ini ramai dikunjungi wisatawan apalagi musim liburan tempat ini cukup ramai. Objek wisata alam Air dingin sesuai dengan airnya yang dingin, panorama disekeliling cukup menentramkan dengan hamparan biru lautan dengan pasir yang putih berkilau dipantul sinar matahari. Objek wisata air dingin berlokasi di desa sawang , tepatnya seblum memasuki ibukota aceh selatan.

2. Pantai Bidari Samadua

 

Berenang dikolam sumber mata air pegunungan sambil menikmati deburan ombak dan pantai disinilah tempatnya, di pantai bidari samadua. Pantai khas dengan pasirnya yang putih dan bersih ini memiliki fasilitas kolam untuk berenang dan mandi sepuasnya serta kuliner. Biasanya objek wisata satu ini ramai dikunjungi keluarga. Anak-anak berenang dipantai atau dikolam, so paling ga asik bila pantai bidari ini dilewati begitu saja. Sama halnya dengan air dingin, pantai bidari juga berada di pinggir jalan utama jadi sangat – sangat mudah untuk di akses.

3. Situs Tapak Tuan di Gunung Lampu

Selama ini sering mendengar kata “tapak tuan” sekarang saatnya untuk menyaksikan langsung situs tapak tuan. Lokasi tapaktuan berada tepat di kota tapak tuan, untuk mengakses situs harus sedikit perjuangan, mendaki bukit kecil bernama gunung lampu yang sudah disediakan tangga beton dan petunjuk ke situs. sebagai catatan tempat ini agak sedikit menantang dan juga berbahaya bila ceroboh. Bila berada di situs tapak tuan cukup berhati-hati karena karang tajam serta ombak dimusim pasang cukup besar. Tapi dilokasi ini kalian akan melihat langsung asal muasal dari legenda tapak tuan.

Bila ingin mengunjungi lokasi ini disarankan ketika musim surut dimana kalian bebas untuk menikmati pemandangan kaki tuan tapa yang melegenda di aceh selatan.Hal yang dipelukan untuk mencapai lokasi situs wisata tapaktuan 1. Sepatu atau sendal sport2. Minuman 3. Camera atau dokumentasi 4. Lebih bagus bekunjung saat musim surut. 5. Bila mengendarai seperda motor agar memarkirkan dengan rapi dan menggunakan pengaman ganda karena lokasi ini tidak ada juru parkir.

4. Air terjun Tingkat Tujuh di Batu Itam

Nah, untuk objek wisata alam yang satu ini memang bagi kalian yang bangga dengan jiwa petualang. Lokasinya di desa batu itam Kecamatan tapaktuan. Akses menuju air terjun tingkat tujuh agak sedikit melelahkan karena harus mendaki tapi sudah dibangun jalan setapak untuk memudahkan pengunjung. Sambil menempuh perjalanan kalian bisa menikmati udara pegunungan dan kebun-kebun warga. Setelah menempuh perjalanan yang sedikit melelahkan kalian akan mendapatkan kepuasan ketika berenang dan menikmati dinginnya air terjun yang berjumlah total 7 tingkatan. Kalian yang penasan sebaiknya mencoba untuk sampai ke tingkat ketujuh karena dari sana akan terhampar pemandangan yang menakjubkan persembahan aceh selatan.

5. Jambo Hatta

Sebelum melanjutkan perjalanan, kalian sebaiknya singgah di jambo hatta. Jamboe Hatta ini merupakan tempat peristirahatan mantan wakil presiden republik Indonesia petama yaitu Bung Hatta. Bila bung hatta aja pilih lokasi ini tempat beristirahat sebaiknya kalian juga melakukan hal yang sama karena dari lokasi ini kalian bisa menikmati pemandangan aceh selatan yang sesungguhnya, sebaiknya kalian nikmati sendiri jadi kami tidak perlu menceritakan panjang lebar lagi menganai lokasi ini.

6. Pemandian Ratu di Panjupian

Untuk objek wisata satu ini, kalian tidak perlu harus mendaki -daki lagi karena Objek wisata Pemandian Ratu bisa diakses dengan kenderaan roda dua dan empat. Pemandian putri memiliki fasilitas kolam untuk berenang dari mulai anak-anak dan dewasa. Bagi kalian yang ingin menikmati langsung dari sumbernya juga bisa langsung mandi di sungai yang sumber mata airnya berasal dari batu besar. Dinginnya air pegunungan menjadi sensasi yang paling menyenangkan. Selain itu disini disediakan gubuk-gubuk dan kuliner untuk menemani istirahat kalian, jangan lewatkan 😀

7. Pantai Ujong Batee di Terbangan

Wisata ujong batee berlokasi di terbangan , sekitar 17 kilometer dari kota tapaktuan. Disini kalian suka menikmati sunset disinilah lokasi yang tepat. Sambil menikmati senja tiba, kalian bisa memesan kuliner yang disediakan pondok-pondok terutama mie aceh dan kuliner khas lainnya. Sentuhan suasana pedesaan yang damai dan alami akan kalian dapatkan disini, bila bosan kalian bisa mandi dilaut.

8. Selfi di Patung Naga

Akhirnya petualangan selanjutnya adalah selfie di patung naga sebagai kenang-kenangan selama berada di Aceh Selatan. Lokasinya di samping kiri depan Meuligoe Bupati Aceh Selatan. Patung naga itu seolah-olah keluar dari gua di sebuah bukit. Di ujung kisah yang sering dijadikan cerita pengantar tidur bagi anak-anak setempat, dikenallah kota itu sebagai Kota Tapaktuan, ibu kota Aceh Selatan.

Facebook Comments


batatx

Segalanya penuh warna