Pin It
Search
Monday 19 August 2019
  • :
  • :

Tradisi Kuah Beulanggong di Tanoh Rencong

Kebiasaan dalam bermasyarakat yang dilaksanakan secara rutin menjadi tradisi yang kemudian diwariskan turun temurun seperti halnya tradisi kuah beulangong dalam seremonial kenduri blang yang sudah hampir ditinggalkan zaman dan bahkan semakin langka dilaksanakan di Aceh.

Tradisi kuah beulangong biasa juga disebut sebagi tradisi gulai sawah biasanya diadakan setiap musim tanam padi tiba dalam kegiatan kenduri Blang (Turun ke Sawah), kuah beulangong merupakan menu kuah daging sapi atau kerbau yang dimasak dengan bumbu-bumbu khusus kedalam belanga besar kemudian disantap dengan penuh rasa kebersamaan. Tradisi ini kerap dilaksanakan di beberapa daerah aceh seperti Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie dan wilayah Aceh Barat sebelum turun kesawah sebagai selamatan memohon kepada Allah SWT agar hasil panen bagus dan terhindar dari gangguan hama.

Saat ini tradisi saat ini sudah semakin ditinggalkan dan jarang dilaksanakan, namun menu kuah beulanggong masih terus bertahan menjadi hidangan utama disetiap acara selamatan, hajatan dan pesta-pesta adat lainnya.

 

Facebook Comments


batatx

Segalanya penuh warna