Pin It
Search
Wednesday 28 June 2017
  • :
  • :

SURVEY LOKASI PENGIBARAN 71 BENDERA MERAH PUTIH

Berbagai cara unik dilakukan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71. Salah satunya adalah pengibaran 71  Bendera Merah Putih di puncak Gunung Bendera , Lhokbengkuang Tapak Tuan, Aceh Selatan. Salah satu komunitas pecinta alam yaitu PETA (Petualang Taluak) Melakukan survey di lokasi pengibaran bendera sang Pusaka tersebut.

“Acara pengibaran bendera di puncak gunung bendera sudah dipersiapkan sejak lama. Untuk persiapan acara pengibaran, satu tim sekitar 8 orang yang terdiri Anggota PETA  melakukan pembersihan dan membuat titik-titik tiang dasar di lokasi  untuk meletakkan 71 tiang utama pada saat pengibaran sang pusaka di hari H “.

Kodim 0107 aceh selatan turut memberi dukungan  kepada Komunitas PETA dengan memberikan Bendera sang pusaka untuk di kibarkan di puncak gunung bendera,

Selain diikuti oleh komunitas PETA  dan kelompok pecinta alam, acara ini juga terbuka untuk masyarakat umum. Hanya saja pihak panitia menerapkan aturan yang ketat bagi pendaki yang ingin naik ke puncak  gunung bendera.


“Mereka akan diseleksi sebelum naik. Jika tidak memenuhi syarat, ya mereka akan disuruh melengkapinya dulu,” ujar dia.

Selain untuk memperingati HUT Proklamsi Kemerdekaan RI di puncak Gunung Bendera, kegiatan ini juga akan diselingi dengan kampanye bersih gunung. Nantinya setiap pendaki yang akan turun dari pendakian akan dibekali tas plastik untuk wadah sampah yang dipunguti di sepanjang jalur pendakian.

“Para pendaki diharuskan ikut membersihkan sampah yang ada di jalur pendakian. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan lingkungan Gunung Bendera,” tegas dia.

Facebook Comments


bastera rusdi

Saya adalah jiwa bebas yang menyukai seni photography, dan sangat menjunjung tinggi etika dalam pengambilan sebuah karya untuk menciptakan sebuah seni. Traveling adalah satu wujud kerja saya dalam mencari sebuah inspirasi.