Pin It
Search
Monday 19 August 2019
  • :
  • :

Sepenggal Sejarah Tgk Abdullah Abdullah Syafi’i

Pemimpin yang selalu didambakan dan dicintai oleh seluruh lapisan masyarakat merupakan barang langka saat ini. Pemimpin yang selalu memikirkan tentang kemaslahatan orang banyak serta mengedepankan keadilan dan kejujuran menjadi barang antik nan sulit ditemukan. Ditambah lagi pada era Globalisasi pertarungan individualistik semakin kental dan kepentingan kolektif sudah mulai ditinggalkan, tak terkecuali juga melekat pada karakter kepemimpinan seseorang. Sosok pemimpin dambaan rakyat sebenarnya dimiliki oleh sang Pemimpin sepanjang masa Alm. Tgk Abdullah Syafi’i yang kerap disapa dengan Tgk Lah.

Panglima sekaligus menjadi ayah bagi pasukan yang dipimpinnya selalu menyirami dengan siraman rohaninya setiap ada kesempatan. Nasehat – nasehat spiritual selalu diberikan disela – sela istirahat. Disaat ada waktu senggang, ia selalu memberi bekal ilmu akhirat maupun ilmu pengetahuan lainnya kepada pasukannya. Hal inilah yang selalu dikenang oleh pasukannya maupun seluruh lapisan masyarakat Aceh.

Jadi, tidak heran saat kepergiannya dari muka bumi ini pada tanggal 22 Januari 2002 meninggalkan banyak kesan. Seluruh lapisan masyarakat merasa kehilangan seorang tokoh yang dikaguminya. Kesannya terlalu cepat Tuhan mengambil nyawanya dari rakyat. Justru kehilangannya membangkitkan semangat juang baru dari masyarakat untuk menuntut hak-haknya dan menyambung estapet perjuangan.

Saat Ini, Masyarakat Aceh memperingati kepergiannya setiap tahun dengan menggelar acara zikir dan do’a bersama.

Sumber : http://theglobejournal.com

Facebook Comments