Pin It
Search
Saturday 18 November 2017
  • :
  • :

Roti Selai Ala Bireun

Selai seringkali dipakai untuk isian roti. Roti Samahani adalah salah satu dari ribuan makanan lezat di Aceh. Samahani sendiri merupakan nama dari sebuah Desa yang ada di Aceh Besar, karena Samahani mempelopori lahirnya roti tersebut, maka nama itulah yang melekat dan dijadikan bagian dari roti dan selainya hingga sekarang. Roti Selai khas Samahani, Aceh Besar, sangat diminati oleh masyarakat Aceh maupun wisatawan yang datang ke Aceh. Dalam sehari saja bisa terjual hingga 500 hingga 1.000 porsi roti per hari.

Awalnya Roti ini hanya terkenal di seputaran Sibreh hingga Indrapuri, Aceh Besar saja. Namun, karena kelezatannya, roti ini kian terkenal dan digemari oleh masyarakat Aceh. Meskipun untuk menyicip roti ini tak perlu ke Samahani, sekarang roti ini bisa dijumpai di kota-kota besar di Aceh.

Di Bireun, Roti Selai menjadi hal berbeda karena rasanya, selai yang dicampuri sedikit kacang membuat Selai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat roti. Roti selai Bireun banyak dijumpai di beberapa kedai kopi.

Sekarang, Roti selai bireun banyak dijadikan teman dalam perjalanan pulang atau menjadi oleh-oleh dibawa pulang untuk orang yang tersayang.

Facebook Comments