Pin It
Search
Saturday 18 November 2017
  • :
  • :

Reuhab, Adat Kematian di Nagan Raya

Reuhab adalah adat yang sangat kental dengan budaya masyarakat Alue Tuho, Nagan Raya, Nangroe Aceh Darussalam. Reuhab berarti kamar sakral yang didiami pada saat ada seseorang meninggal dunia. Tradisi ini sangat berpengaruh terhadap dalam kehidupan masyarakat Alue Tuho karena dianggap suatu penghinaan jika tidak melakukan ritual kematian ini.

Selain dianggap sebagai kamar sakral untuk orang yang meninggal, Reuhab juga berarti barang yang ditinggalkan oleh orang yang meninggal. Biasanya barang yang ditinggalkan adalah pakaian terakhir yang dipakaioleh yang meninggal dan disimpan di dalam kamar yang di sakralkan selama 40 hari.

Tatacara Reuhab dengan melakukan pengajian yang mengundang tokoh agama setempat. Dalam pengajian tersebut, keluarga yang ditinggalkan juga menyertakan benda-benda wajib yang turut didoakan dalam pengajian tersebut, seperti baju yang terakhir, kain, dan tikar pandan yang dipakai untuk mengangkut mayat. Selain itu, disertakan juga dua buah bantal guling, satu bantal kepala, mukena, Al Quran, seprai, dan harta yang belum dibagikan.

sumber

 

Facebook Comments