Pin It
Search
Monday 17 December 2018
  • :
  • :

Pusara Sultan Alauddin Riayat Syah Ditemukan

Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (Mapesa) mengaku telah menemukan pusara Sultan Alauddin Riayat Syah di Gampong Ulee Kareueng, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar, Minggu (11/1). Keyakinan terhadap pemilik pusara tersebut setelah ahli Epigraf Aceh Taqiyuddin Muhammad berhasil menerjemahkan inskripsi (tulisan di nisan) kompleks pemakaman itu.

Ketua Mapesa Muhajir kepada Serambi mengatakan makam Sultan Alauddin Riayat Syah ditemukan saat Mapesa bergotong royong di kawasan situs cagar budaya, kompleks makam kuno peninggalan Kerajaan Aceh di daerah itu. “Pada salah satu nisan memuat inskripsi yang menerangkan nama Sultan Alauddin Riayat Syah,” katanya, Selasa (13/1).

Muhajir menerangkan, di kepala nisan tersebut terpahat tulisan dalam aksara jawi yang berbunyi “Sri Sulthan ‘Alauddin Ri’ayah Syah Dhzilullahi Fil’alam, min hijratunnabi shallallahu ‘alaihi wasallam sembilan ratus sembilan puluh tiga tahun (993 H/1585 H).” Aksara tersebut berhasil diterjemahkan oleh ahli Epigraf Aceh Taqiyuddin Muhammad.

“Dari bacaan inskripsi tersebut, beberapa literatur Sultan Alauddin Riayat Syah memerintah Kesultanan Aceh Darussalam pada era 16, besar kemungkinan Sultan Alauddin Riayat Syah yang dimakamkan di Gampong Ulee Kareueng adalah kakek dari Iskandar Muda, yang masih misteri selama ini,” jelasnya.

Muhajir menambahkan, hamper semua pusara yang ditemukan di area tersebut merupakan para tokoh-tokoh besar Kerajaan Aceh tempo dulu. Itu sebabnya, dia menyarankan Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menjadikan daerah itu sebagai kawasan destinasi wisata Islami. “Kita hanya bisa berharap Pemerintah Aceh Besar bisa memugar dan melestarikannya,” demikian Muhajir.

foto: Mapesa , redaksi: http://aceh.tribunnews.com/

Facebook Comments


batatx

Segalanya penuh warna