Pin It
Search
Sunday 20 August 2017
  • :
  • :

Petualangan Seru Menuju Air Terjun Megaya

Ini adalah salah satu tempat  wisata yang ada di Kabupaten Aceh Tengah. Ibu kotanya ialah Takengon, yang merupakan salah satu bagian kota kecil yang terletak di punggung bukit tepatnya di dataran tinggi Gayo bentangan bukit Pulau Sumatera. Kota ini berhawa sejuk dan memiliki udara yang segar membuat anda betah berlama-lama di daerah ini. Kota Takengon ini banyak menyimpan keindahan alamnya karena bersembunyi di tengah Provinsi Aceh.

Kali ini,kita akan membahas salah satu destinasi wisata tersembunyi yang ada di tanah gayo, yaitu Air Terjun Mengaya. Salah satu destinasi wisata alam yang tersembunyi di wilayah tengah Provinsi Aceh atau tepatnya di Desa Mengaya, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah.

 

Wisata Air Terjun ini merupakan objek wisata yang tidak jauh dari Danau Laut Tawar.  Nama Air Terjun Mengaya berasal dari nama desa tempat air terjun ini berada, yaitu di Desa Mengaya.

Perjalanan ke lokasi air terjun ditempuh sekitar 45 menit dari pusat kota Takengon. Selama perjalanan menuju Mengaya, mata akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah di daerah yang disebut Tanah Gayo ini. Menyusuri ratusan hektar kebun kopi yang sangat terkenal. Kopi Aceh yang telah mendunia hingga ke Negeri Paman Sam.

 

Selain kebun kopi, perjalanan semakin asik saat menyusuri keindahan Danau Lut Tawar yang cukup luas. Karena luasnya yang mencapai 5.472 hektare, panjang 17 km dan lebar 3,219 km, danau ini disebut sebagai laut air tawar.

Jaraknya kira-kira sekitar 10 km dari Takengon,  Untuk mencapai lokasi air tejun ini sangat mudah karena segala jenis kenderaan dapat mencapai lokasi, air terjun tersebut masih terbilang cukup alami, itu dikarenakan lokasi air terjun yang tersembunyi, dibalik perbukitan. Untuk sampai di lokasi, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 1 hingga 1,5 kilometer terlebih dahulu.

 

perjalanan semakin menantang ketika pengunjung harus turun dari kendaraan dan berjalan kaki menyusuri jalan yang menanjak.tak lama berjalan kaki sampailah ke air terjun megaya ini, keindahan air terjun Mengaya mampu mengobati rasa lelah selama perjalanan. Di sana bisa foto-foto sepuas mungkin, lalu mandi air terjun yang cukup dingin dan sejuk.

Facebook Comments


bastera rusdi

Saya adalah jiwa bebas yang menyukai seni photography, dan sangat menjunjung tinggi etika dalam pengambilan sebuah karya untuk menciptakan sebuah seni. Traveling adalah satu wujud kerja saya dalam mencari sebuah inspirasi.