Pin It
Search
Thursday 18 January 2018
  • :
  • :

Negeri Seribu Legenda

Ada beberapa alasan mengapa aceh selatan perlu dipertimbangkan sebagai tujuan traveler yang berjiwa petualang untuk mengisi waktu liburan. Kenyataannya aceh selatan memiliki banyak panorama dan keindahan yang tidak akan pernah habis untuk dinikmati dalam waktu singkat. Selain keindahan alam yang menggoda, tapaktuan menyimpan ribuan legenda yang akan diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi. Salahsatu legenda yang paling fenomenal adalah Legenda Tapaktuan, Legenda tentang Tuan Tapa yang bertarung dengan Naga memperebutkan putri hijau tidak sekedar legenda isapan jempol belaka, karna sampai sekarang traveller bisa menyaksikan beberapa tempat yang berkaitan dengan legenda tapaktuan.

Bila selama ini traveller hanya sebatas mendengarkan legenda sekarang sudah waktunya menyaksikan langsung objek wisata legenda yang berasal dari negeri penghasil pala seperti Tapak tuan yang berlokasi di Gunung Lampu, Makam Tuan Tapa di gampong Padang, Tongkat di pantai desa Keutapang dan beberapa lokasi yang berkaitan langusng pasti akan menarik untuk dikunjungi. Legenda tapaktuan akan terus hidup bahkan menjadi bagian dari Aceh selatan itu sendiri karena beberapa desa seperti batu merah, batu itam, alue naga merupakan bagian dari legenda tapaktuan, misalnya batu merah dalam legenda disebutkan bahwa pada saat naga bertarung dengan tuan tapa sang naga terluka dan mengalami kekalahan parah hingga darah naga sampai berceceran, lokasi berceceran darah naga sekarang adalah desa batu merah dan memang didaerah ini bebatuannya berwarna merah sementara desa tetangganya berwarna hitam konon merupakan hati naga yang tercampak disana.

Selain legenda tapaktuan ada sederat legenda lainnya yang pembuktiannya didasarkan kepada fenomena alam seperti Gunung Terbangan dengan legendanya gunung yang terbang dan mendarat dikecamatan pasieraja atau pilar tengah mesjid Al-Hasanah yang dulu mengeluarkan air, legenda kotafajar, bakongan, trumon, panjupian, labuhan haji, peulumat, Samadua, Sawang dan masih banyak legenda yang dimiliki aceh selatan dan akan dibuktikan dengan bukti alam.

Sambil mendengarkan legenda-legenda aceh selatan, traveller juga bisa menikmati pesona alam mulai labuhan haji sampai trumon traveller akan dihidangkan pemandangan yang benar-benar mengagumkan.

Bagaimana berwisata ke Aceh Selatan.

Perjalan dapat ditempuh dengan dari Banda Aceh atau Medan dengan menggunakan jalur darat dan udara. Sesampai di Tapaktuan langsung mencari hotel atau losmen untuk menginap atau beristirahat, selanjutnya mulai menjelajahi beberapa objek wisata seperti objek wisata Tapak Tuan, Makam Tuan Tapa, Air terjun tingkat Tujuh, Air dingin, Pantai Batu Berlayar atau menikmati dinginnya alam pegunugan di Panjupian sambil menikmati kuliner

Facebook Comments


batatx

Segalanya penuh warna