Pin It
Search
Thursday 6 August 2020
  • :
  • :

Menarik, Ada Lintah Berwarna Merah di Taman Nasional Gunung Leuser

Tidak salah jika Gunung Leuser disebut sebagai Surganya Flora dan Fauna Langka di Dunia, salahsatu bukti terbaru ditemukannya Lintah Merah Oleh Tim Survey yang tergolong sebagai jenis hewan paling langka didunia. Lintah Merah atau Lintah gajah sebutan masyarakat lokal ditemukan Wilayah Pendakian Gunung Leuser.
Lintah Merah yang ditemukan di Gunung Leuser hampir sama dengan jenis endemik Gunung Kinabaku Borneo. Bagi traveller yang suka petualang alam bebas wajib mencoba penjelajahan gunung leuser selain bisa menikmati keindahan alam dan kekayaan habitat flora dan fauna langka bisa menambah wawasan sekaligus edukasi yang bermanfaat.Â


Sebagai informasi Gunung Leuseur merupakan Gunung Tertinggi di Provinsi Aceh dengan ketinggian mencapai 3.404 m. Gunung Leuseur berada di Aceh Tenggara berbatasan dengan Sumatera Utara. Karena kekayaan Flora dan Fauna yang dimilikinya kini Leuser menjadi Kawasan Ekosistem yang terdapar di Uneso sebagai warisan dunia. Merupakan hutan lindung yang harus di jaga dan di lestarikan. Secara spesifik, gunung Leuser terdiri dari Suaka Margasatwa Kluit, Suaka Margasatwa Gunung Leuser, Suaka Margasatwa Kappi, Suaka Margasatwa Langkat Selatan, Suaka Margasatwa Sikundur, Taman Wisata Lawe Gura, Taman Wisata Sikundur dan hutan lindung serta hutan produksi terbatas.

Di sini terdapat 130 spesies hewan, seperti gajah, badak, harimau, macan tutul, dan masih banyak lagi, serta terdapat 325 spesies burung. Hal ini akan menjadi pengalaman seru saat Anda berjumpa dengan salah satu satwa tersebut saat menjelajahi hutannya. Taman Nasional Gunung Leuser mencakup lebih dari 100 kilometer Pegunungan Bukit Barisan. Terang saja, ada aneka macam hutan yang dapat Anda jelajahi di sini, seperti hutan bakau, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan lumut, dan hutan hujan.

Facebook Comments


batatx

Segalanya penuh warna