Pin It
Search
Wednesday 13 November 2019
  • :
  • :

Khasiatnya Madu Asli Buloh Sema Aceh Selatan

Panen madu atau dalam bahasa aceh “ie unoe” biasanya di bulan Agustus dan September, biasanya madu liar buloh seuma menjadi buruan untuk kebutuhan pengobatan, sebagaimana diketahui madu alam memiliki kandungan yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Bulohseuma ditemukan pertama kali tahun 1768 oleh Teungku Yasin dan 12 pengikut dari Kerajaan Aceh yang sedang mencari ikan.  Tahun 1805, Bulohseuma sempat menjadi sentra lada. Penduduk ramai mendiami delapan kampung. Pada tahun 1925 buaya mengganas di Bulohseuma, membuat sebagian orang berpindah ke daerah lain. Kini, tersisa tiga kampung yakni Raket, Kuta Padang dan Teungoh.

Desa yang hidup di hutan rawa gambut terbesar di Aceh seluas 100 ribu hektar merupakan bagian Ekosistem Leuser yang terkenal kaya flora dan faunanya. Dikenal sebagai “paru-paru dunia” hutan dan gambut mengkonversi karbon dioksida menjadi oksigen untuk pernafasan. Gambut tebal telah menahan berjuta galon air dan menghalangi intrusi air laut masuk ke kawasan itu. Orang-orang di sekitar rawapun bisa mendapatkan air tawar untuk diminum.

Bulohseuma berada di Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan yang berjarak sekitar 40 kilometer dari Keude Trumon. Untuk mencapai desa buloh seuma bisa di tempuh dengan darat atau menaiki rakit penyebarangan, jarak dari Tapaktuan sekitar 40 kilometer dari

 

Facebook Comments


batatx

Segalanya penuh warna