Pin It
Search
Saturday 18 November 2017
  • :
  • :

Islamic Center, Objek wisata religius di Aceh

Arsitektur bangunan mesjid agung cukup indah bernafaskan islam dan budaya yang kuat. Saat ini bangunan mesjid agung islamic center masih dalam proses pembangunan dan ini akan menjadi objek wisata andalan kota lhokseumawe.

Meskipun belum rampung seutuhnya Bangunan Islamic Center (al-Markazul Islami) sudah memancarkan pesona arsitektur islam yang dibangun sebagai pusat pengkajian dan pengembangan agama islam, bangunan islami ini berdiri megah di Jl. T. Hamzah Bendahara-Simpang Empat, Kecamatan Banda sakti Kota Lhokseumawe. Selain itu bangunan ini bisa membangkitkan kembali semangat kejayaan dan peradaban samudera pasai sebagai wilayah negara islam pertama di Asia Tenggara.

Islamic center kota Lhokseumawe dilengkapi dengan fasilitas fasilitas penunjang seperti Gedung Serba Guna, Gedung Pustaka, Diniyah / Sekolah, Museum & Rumoh Aceh, Mess / Wisma Tamu, gerai-gerai / Kios Makanan dan Soevenir, Taman kanak-kanak dan Taman Pengajian Al-Qur’an (TPA) serta Rumah Imam Besar.

Sebagai catatan, kota Lhokseumawe dulunya merupakan sebuah daerah bekas kerajaan Islam samudra Pasai, sebuah kerajaan Islam di pesisir pantai utara Sumatera yang didirikan oleh Meurah Silu, bergelar Malik al-Saleh, sekitar tahun 1267 dan Sultan Malik as-Saleh menjadi Raja pertamanya, Sultan Malik as-Saleh wafat pada tahun 696H/1297M dan kekuasaannya diteruskan oleh Sultan Malik at-Thahir putra tertua beliau yang sangat kental dengan nilai-nilai peradaban  Islam.

Kejayaan peradaban islam di samudera pasai tempo dulu diperkuat dengan catatan perjalanan Marco polo seorang pedagang dan penjelajah berkebangsaan Italia yang telah singgah di pulau Sumatra Tahun 1292, lalu dilanjutkan dengan catatan dari Abu Abdullah ibnu Batuthah (1304–1368), seorang musafir Maroko yang singgah di Samudera tahun 1345 di dalam kitabnya Rihlah ilal-Masyriq (Pengembaraan ke Timur) juga menyebutkan bahwa Sultan Malik az-Zahir di negeri Samatrah yang menyambutnya dengan penuh keramahan dan penduduk Muslim Samatrah (Samudera) yang menganut Mazhab as-Syafi’I serta Pemimpinnya yang sangat Alim dan Shaleh.

Facebook Comments


batatx

Segalanya penuh warna