Pin It
Search
Saturday 24 February 2018
  • :
  • :

Ikan asin goreng tepung, Kuliner khas aceh selatan

Aceh Selatan merupakan daerah yang berada dipesisir dan sebagian kecil penduduknya tinggal dipedalaman rata-rata bermata pencaharian sebagai nelayan dan petani. Dilaut dan didarat masyarakat aceh selatan bergantung hidup pada hasil alam yang melimpah ruah sebagai anugerah dari Allah SWT. Meskipun kaya akan hasil bumi, masyarakat penduduk aceh selatan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk dapat digunakan selamanya dengan cara menjaga dan melestarikan. Salahsatu cara agar kebutuhan dari alam selalu terpenuhi masyarakat pesisir di aceh selatan mengolah hasil tangkapan laut untuk dijadikan berbagai makanan olahan yang bisa disimpan dalam waktu yang lama, seperti ikan asi, keumamah (ikan kayu) dan abon.

Hasil olahan dari ikan-ikan ini akan berguna pada saat musim barat tiba, dimana para nelayan tidak melaut karena ombak tinggi dan badai diperairan samudera, ketrampilan mengolah hasil laut kemudian menjadi tradisi yang diwariskan terus menerus dan bahkan banyak yang dijual dipasar-pasar tradisional. Traveller yang mengunjungi aceh selatan selalu membawa pulang kuliner wajib aceh selatan, Kue Pala dan Ikan asin balut tepung sebagai oleh-oleh khas dari negeri tuan tapa.

Ikan asin diawetkan dengan cara digarami untuk menghambat bakteri kemudian dijemur di terik matahari. Ikan asin dibalut tepung enak digoreng dengan sambal dan disantap dengan sayur-sayuran. Musim Barat hampir disetiap rumah warga ikan asin menjadi hidangan sehari-hari dimeja sebagai lauk favorit. Ikan asin balut tepung bisa didapatkan di kios-kios souvenir atau toko-toko biasa di Aceh selatan.

Facebook Comments


batatx

Segalanya penuh warna