Pin It
Search
Wednesday 23 September 2020
  • :
  • :

Gunongan, Simbol Cinta Sang Sultan

Salahsatu monumen yang memiliki nilai historis dan cinta di tanah rencong adalah gunongan, sebuah bangunan yang dibangun sultan untuk permaisuri yang bernama Putri Kamaliah atau lebih dikenal dengan Putroe Phang. Sultan Iskandar Muda memboyong Putroe Phang ke Aceh setelah menaklukkan Pahang, Malaysia. Saking cintanya pada permaisuri dari Pahang, Sultan Iskandar Muda memenuhi permintaan Putroe Phang dan membuatkan baginya taman sari di belakang istana tempat permaisuri menyepi dan menghibur diri kala kerinduan akan negerinya menghampiri. Di Taman Ghairah, taman yang berada di belakang kompleks Kesultanan Darud Donya inilah sebuah gunongan menjadi perwujudan bebukitan negeri Pahang dibangun.

Gunongan merupakan salah satu bangunan yang tersisa peninggalan sultan Iskadar Muda (1607-1636), menurut sejarah alasan di bangun gunongan atas landasan cinta (simbol cinta) Sang Sultan Iskandar Muda kepada Putroe Phang (Putri Kamaliah) yang berasal dari Negeri Pahang (Malaysia). Permaisuri sering kesepian ditinggal sultan bertugas mengurus negara dan selalu teringat akan kampung halamanya di negeri pahang, Sama halnya dengan Kaisar Syah Jahan yang membangun Taj Mahal untuk sang Istri (Mumtaz Mahal) sebagai lambang cinta abadi.

Setelah dibangun Gunongan, betapa bahagianya permaisuri. Menghabiskan hari-harinya bermain dengan banyak dayang-dayang di sekitar sejarah struktur, karena ia memanjat. Sejarah Struktur terletak di Jalan Teuku Umara berurusan dengan lokasi kuburan serdadu Belanda (Kerkoff). Bangunan ini didirikan pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1636) pada abad ke-17. Sejarah struktur bangunan tidak terlalu besar, heksagonal, berbentuk seperti bunga dan bertingkat tiga dengan tingkat utama dari pilar mahkota yang berdiri tegak . Di dinding ada masuk rendah berukuran yang selalu dalam keadaan terkunci. Dari pintu lorong adalah tangga yang menuju ke tingkat ketiga sejarah struktur itu.

Gunongan ini terletak di pusat kota Banda Aceh, tepatnya berada di Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Baiturahman, Kota Banda Aceh. Lokasi ini dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor atau labi-labi melalui jalan Teuku Umar. Taman Sari Gunongan merupakan salah satu peninggalan kejayaan Kerajaan Aceh, setelah kraton (dalam) tidak terselamatkan karena Belanda menyerbu Aceh.

 

Facebook Comments


batatx

Segalanya penuh warna