Pin It
Search
Monday 17 December 2018
  • :
  • :

Guci Keuramat Mesjid Beuracan

Masjid Teungku Di Pucok Krueng Beuracan, Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya atau biasa dikenal dengan masjid Beuracan merupakan satu dari sejumlah masjid bersejarah di kabupaten yang masih berusia enam tahun.

Masjid dengan bentuk empat persegi mudah ditemukan, berada persis di pinggir jalan negara, lintas Banda Aceh-Medan (dari arah barat) atau memasuki Kecamatan Meureudu, terdapat dua masjid dalam satu kompleks yang langsung terlihat oleh siapa saja yang melintas di kawasan itu. Di bantaran sungai Krueng Beuracan, Meureudu inilah Masjid Tgk Di Pucok Krueng yang masih berdiri kokoh dengan arsitek klasik yang masih terpelihara sampai saat ini.

Selain ber-arsitektur klasik, yang unik lainnya  pada masjid ini adalah keberadaan sebuah Guci besar di sebelah kanan pintu masuk masjid. Guci itu dipercayai sebagai guci bertuah. Biasanya pada setiap hari kamis, ada masyarakat yang melalukan khanduri peuelueh hajat (keduri hajatan). Di antara mereka ada yang memotong kambing atau ada juga yang hanya cukup dengan menu bulukat tumpou dan bulukat u kuneng (nasi ketan khas Aceh). Ritual khanduri umumnya ditujukan untuk keselamatan anak-anak dan memberi keberkahan.

Di Akhir ritual, anak-anak tersebut biasanya dimandikan dengan air yang di ambil dalam guci itu. Dan bagi yang ingin keberkahan maka disarankan untuk meminumnya saja. Namun khusus bagi perempuan tidak boleh sembarangan mengambil langsung air tersebut karena ada pantangan bagi mereka.

Selain tidak dibenarkan untuk mengambil air sendiri, perempuan juga di larang untuk menjenguk ke dalam tempat dudukan guci. Pantangan itu ditulis dan digantung pada dinding kain putih yang sengaja di buat melingkar untuk menutupi guci dari penglihatan umum. Agar mereka dapat meminumnya, maka jasa lelaki atau bilal/imam masjid yang senantiasa ikut dalam ritual hajatan sangat diperlukan.

Apabila pantangan di langgar, maka diyakini akan terjadi sesuatu pada mereka baik langsung maupun tidak langsung. Perempuan itu misalnya akan melihat ular, bukan lagi guci. Atau pada malam hari akan bermimpi buruk atau hal-hal yang aneh lain akan terjadi padanya.

Redaksi : http://teukuampon.blogspot.com/

Facebook Comments