Pin It
Search
Wednesday 28 June 2017
  • :
  • :

Destinasi Baru di Aceh Selatan, Air Terjun Alue Aie Gadang

Halo temen-temen backpacker semuanya. Semoga selalu ada budged untuk kelayapan ya..haha. buat sahabat backpacker yang suka dengan keindahan alam dan hobi tracking, temen-temen semua mesti coba salah satu tempat wisata baru di Aceh selatan, tepatnya di tapak tuan yaitu air terjun Alue aie Gadang yang terletak di dusun Hulu Lhok Bengkuang, tidak jauh dari pusat kota tapak tuan sekitaran 2 KM.

Untuk menuju ke lokasi air terjun kita harus menggunakan sepeda motor trail dan di teruskan dengan berjalan kaki selama 1 jam perjalanan.. Dalam perjalanan nanti kita akan mendapati aliran sungai2 kecil yang begitu jernih dan di selimuti pohon yang begitu menjulang tinggi dan rindang, membuat perjalanan semakin tertantang.. kondisi jalan tidak terlalu baik dan naik turun tapi itu tidak akan jadi rintangan kalau kita bersemangat(jadi teringat iklan one heart,hahaha), so hati-hati di jalan. jadi teman2 harus membawa pemandu yang mengerti lokasi dan medan menuju lokasi air terjun Alue aie Gadang .

Memulai perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang biasa saja, hehe. Setelah 15 menit dan menjumpai sungai, barulah kita memulai perjalanan yang sesungguhnya. Perjalanan dari ke air terjun memakan waktu kurang lebih 2-3 jam, pulang pergi kurang lebih 5-6 jam. Baiknya sebelum memulai tracking kita sudah latihan atau pemanasan kecil-kecilan dan memperkirakan cuaca serta mempersiapkan bekal yng cukup yang dibawa dari rumah atau kost.

Tak banyak para wisatawan yang tau air terjun alue aie gadang , karena perjalanan dan medannya begitu extrim, jadi klo para pengunjung tidak di saran kan membawa keluarga atau perempuan yang bukan muhrimnya kecuali ada izin dari pihak kampung, so teman2 jangan kawatir untuk meminta izin dengan warga gampong tersebut, karena warga kampung lhok bengkuang begitu ramah dan bersahabat. dan tidak hanya itu, fisik juga harus di utamakan ..

Ok teman, kita lanjutin lagi ne ceritanya, Rute tracking untuk sampai ke air terjun melewati aliran sungai dengan bebatuan yang luamayan terjang . Selama di perjalanan kita aja disuguhi pemandangan yang spektakuler, bumi yang lembab menambah dramatisasi perjalanan. Selain itu kita akan mendapati berbagai sungai kecil yang jernih dan bersih. Jalan yang naik turun yang memicu adreanalin. Oha ya di jalan nanti kita akan menemui batu yang lumayan besar, menarik untuk foto-foto disini.. Kalau tidak membangun komunikasi yang baik dengan giude,maka kita akan melewati spot-spot cantik untuk di abadikan. Tidak hanya itu, klo teman-teman beruntung, teman juga akan menjumpai binatang-binatang yang di lindungi seperti orang tuan, kijang dan burung-burung langka lainnya.

 

Sesampinya dsna.. teman2 baru lah merasakn begitu indahnya air terjun alue aie yang ketinggian sekitar 30 meter,air yng begitu jernih dan kicauan burung menambah suasanya yang begitu asri dan tenang,, ingin melpaskan sters, disnilah tempat yang tepat buat para petualang dan backpaker.

Selamat mengunjungi.. salam petualang Taluak (PETA)

 

Suber : petualang taluak (PETA)

FG: Wanda dan Roby

Kunjungi juga

IG:Petualang.taluak

FB: Petualang Taluak.

 

Facebook Comments


bastera rusdi

Saya adalah jiwa bebas yang menyukai seni photography, dan sangat menjunjung tinggi etika dalam pengambilan sebuah karya untuk menciptakan sebuah seni. Traveling adalah satu wujud kerja saya dalam mencari sebuah inspirasi.