Pin It
Search
Sunday 23 February 2020
  • :
  • :

Bumbu Tradisional: Asam Sunti

Asam Sunti adalah sejenis bumbu dapur khas Aceh yang terbuat dari belimbing wuluh yang dikeringkan, diberi garam lalu dijemur diterik matahari berkali-kali sehingga kering dan dapat disimpan lama. Biasanya bumbu dapur ini digunakan untuk memasak makanan khas Aceh seperti Keumamah. Asam sunti biasa digunakan untuk memasak kuah asam pedas, kari, dan juga untuk asam atau sambal.

Bila menyelusuri asal usul asam sunti, hampir tidak ada yang tahu sejarah bagaimana asam sunti menjadi bagian dalam dunia kuliner masyarakat aceh, dari timur sampai barat aceh dan daratan tinggi gayo, asam sunti dikenal sebagai sesuatu unsur alami untuk memberikan rasa atau menciptakan rasa yang berbeda dari sebuah masakan. Konon, karena keberadaan asam sunti dalam kehidupan masyarakat sangat berguna bangsa eropa sebagai bangsa penjajah hasil bumi nusantara terutama rempah-rempah juga mengincar bumbu makanan yang berasal dari belimbing wuluh dikeringkan ini.

Sejatinya, masyarakat aceh tradisional yang biasa memanfaatkan hasil alam termasuk belimbing wuluh yang tumbuh liar dan berbuah musiman dikumpulkan dan dikeringkan dengan digarami. Setelah dikeringkan belimbing akan mengerut dan menghitam dan biasa disimpan dalam waktu yang lama. Karena manfaatnya, kini asam sunti sudah dikenal seantero nusantara, populiritas asam sunti tidak lepas dari penyebaran warga aceh ke berbagai daerah yang selalu membawa rahasia warisan kuliner indatu aceh yaitu asam sunti.

Selain proses pembuatannya relatif mudah dan sangat sederhana serta buah belimbing wuluh yang mudah dijumpai di Indonesia, menjadikan asam sunti sering dipraktekkan warga aceh ditempat mereka berada. Lambat laun asam sunti akan menjadi bumbu kuliner nusantara dengan penyebaran yang semakin hari semakin merata ke seluruh kepulau Indonesia.

 

 

Facebook Comments


batatx

Segalanya penuh warna