Pin It
Search
Saturday 24 February 2018
  • :
  • :

Benteng Kerajaan Trumon

Pada masa pemerintahan Teuku Raja Djakfar kerajaan trumon memiliki pelabuhan dan pusat pertahanan dengan mendirikan benteng kuta batee. Benteng Kuta Batee didirikan pada tanggal 11 Agustus 1770 dan selesai pada tanggal 8 Agustus 1802 yang diteruskan oleh anaknya bernama Teuku Raja Bujang.

Hubungan dagang Internasional ini terjadi saat kepemimpinan Teuku Raja Bujang. Sebuah prestasi atas kebijaksanaan dan kecerdasan yang dimilikinya. Kepemimpinan Kerajaan Trumon berlangsung dari satu keturunan ke keturunan lainnya.

Benteng kuta batee selain sebagai pusat pertahanan juga menjadi pusat pemerintahan kerajaan trumon dimana didalam benteng menjadi tempat percetakan uang kerajaan Trumon. Pertama mata uang trumon dicetak di Portugal, Lisabon, kemudian atas izin kerajaan portugal, trumon mencetak sendiri mata uang kerajaan. Trumon pada masa itu dikenal sebagai salah satu daerah penghasil rempah terutama Lada.

Bekas Benteng Trumon masih berdiri hingga saat ini meskipun sudah tidak kokoh dulu lagi karena dimakan usia. Terletak di desa Keude Trumon Kecamatan Trumon Aceh Selatan, benteng dengan luas bangungannya sekitar 60 x 60 meter dengan ketinggian mencapai empat meter dapat ditempuh  sekitar 2 jam perjalanan dari kota Tapaktuan.

Di sekeliling benteng terdapat balai sidang. Balai ini biasanya digunakan untuk kegiatan rapat atau sidang-sidang adat kerajaan yang dipimpin langsung oleh raja. Selain itu juga terdapat rumah sula (penjara). Sula adalah besi-besi yang diruncingkan dan terpancang di tanah sebagai tempat hukuman mati bagi penjahat yang divonis hukuman mati.

Facebook Comments


batatx

Segalanya penuh warna