Pin It
Search
Saturday 18 November 2017
  • :
  • :

5 Misteri di Aceh yang belum terpecahkan

Setelah berabad-abad kejadian masa lalu meninggalkan tanda tanya besar yang kemudian menjadi misteri yang selalu menggantung dan belum terpecahkan hingga saat ini, di Aceh sendiri ada 5 misteri besar yang belum pernah bisa diungkapkan kepastiannya baik dari peneliti atau dari sejarahwan yang telah mempelajarinya. Berikut 5 misteri yang telah kami rangkul dalam blog acehplanet.com :

1. Sniper yang membunuh Jenderal Belanda, Johan Harmen Rudolf Köhler

Jenderal belanda yang terkenal garang dan berani bernama Johan Harmen Rudolf Köhler dikirim untuk menginvasi dan menguasai aceh pada perang aceh pertama tahun 1873. Aceh yang menolak bekerja sama dengan belanda merasa tersinggung dan berniat menaklukkan aceh dengan cara menjajah. Inilah invasi pertama belanda terhadap aceh dengan berujung terbunuhnya kohler oleh sniper ditembak tepat dijantungnya di depan mesjid raya Baiturrahman.

Namun, sampai saat ini masih menjadi misteri besar siapakan sniper yang telah membunuh jenderal belanda??bahkan nama sniper ini tidak pernah disebut-sebut oleh literatur manapun.

Situs Lamreh

Situs yang dipenuhi oleh makam-makam petinggi kerajaan aceh tempo dulu ditemukan di bukit Lamreh sebuah kawasan perbukitan yang berada di Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar. Lamreh merupakan daerah perbukitan yang tersusun dari batuan karst dan tidak pernah cocok untuk pemukiman apalagi untuk lahan pertanian namun di lokasi ini ditemukan banyak peninggalan terutama makam-makan tua. Dan yang paling banyak menarik perhatian adalah tinggalan-tinggalan berupa nisan-nisan model Plakpling. Sebaran Batu Nisan di Situs Lamreh ini cenderung berserakan dan tidak bertata dengan baik. Titik-titik sebaran batu Nisan tersebut mempunyai beberapa jenis Nisan dengan berbagai bentuk ornamen.

Dengan keberadaan makam-makan tua timbul banyak pertanyaan terutama peneliti dan pegiat sejarah tentang situs lamreh, banyak yang beranggapan dulunya situs lamreh merupakan Bandar dan kota metropolitan, namun banyak yang menolak pernyataan tersebut mengingat tidak ada catatan sejarah yang menyebutkan lamreh sebagai kota pelabuhan. Bahkan beberapa diantara peneliti berasumsi lamreh dulu pernah berdiri kerajaan tua, namun tidak ada yang bisa membuktikan sampai saat ini, misteri besar masih menyelimuti keberadaan akan situs lamreh.

 

Ajimat Rante Bui

Percaya atau tidak ajimat rante bui sejak pecah perang aceh, pejuang bahkan memakai untuk kebutuhan pertahanan terutama kebal dari senjata tajam. Salah satu rante bui itu adalah milik Tgk Chik Di Tiro. Ajimat itu ditemukan Belanda ditubuh Tgk Di Cot Plieng. Sampai kini masih tersimpan di Kolonial Museum di Amsterdam, Belanda dalam etnografia Aceh. Benarkah ajimat rante bui dapat membuat badan seseorang menjadi kebal ???

 

Mesjid tetap berdiri kokoh disaat bangunan lain hancur di terjang tsunami.
Ketika terjadi tsunami di Aceh, banyak keanehan dan misteri yang tidak dapat dinalar oleh logika tapi butuh pendekatan spiritual. Salahsatunya adalah ketangguhan mesjid dipesisir yang tetap berdiri kokoh dan gagah meskipun semua bangunan disekililingnya musnah dan hancur diterjang gelombang tsunami. Misteri ini yang kemudian ditanggapi berdasarkan keimanan masing-masing dan kita selalu percaya bahwa ada beberapa hal yang terkadang tidak cukup dianalisa dengan logika semata.

Putroe Neng memiliki 100 suami??

Nian Nio Lian Khie atau di aceh dikenal dengan putroe neng merupakan Seorang komandan perang wanita berpangkat Jenderal dari china budha, Seorang perempuan yang dikalahkan oleh pasukan meurah johan seorang ulama yang berasal dari kerajaan pereulak. Setelah kalah dan memeluk Islam, putroe neng kemudian dilamar oleh kalangan bangsawan. Disinilah berawal misteri yang kemudian terus menjadi perbincangan yang aneh disetiap kalangan, dimana putroe neng memiliki 100 suami dan selalu meninggal tepat pada malam pertama ??? Benarkah putroe neng memiliki 100 suami dan bila benar mengapa mereka meninggal dimalam pertama?

 

 

Facebook Comments