Pin It
Search
Saturday 18 November 2017
  • :
  • :

4 Hasil bumi Aceh yang mendunia

Dari berbagai jenis sumber daya alam yang di hasilkan bumi aceh, beberapa diantaranya mencapai pasar internasional dan bahkan menjadi pemasok sebagian besar kebutuhan dunia, berikut 4 hasil bumi aceh yang bertaraf internasional saat ini.

1. Nilam

Minyak nilam atau Patchouli oil salah satu minyak atsiri yang dihasilkan oleh nilam aceh (Pogostemon cablin Benth.) yang merupakan hasil alam aceh komoditas unggulan nasional. Minyak nilam sendiri punya banyak kegunaan, mulai dari pembunuh serangga, hingga bermanfaat pula sebagai obat-obatan. Sebanyak 70% kebutuhan minyak nilam dunia, disokong oleh Indonesia terutama nilam yang berasal dari aceh yang memiliki kualitas terbaik. Amerika sebagai negara yang paling banyak mengimpor minyak nilam aceh. Karena pemasaran yang tidak terkontrol serta sarana yang kurang memadai, nilam aceh banyak diekspor melalui medan bukan dari aceh sendiri.

2. Kopi Gayo

Saat ini posisi kopi gayo ditetapkan sebagai kopi organik terbaik di Dunia dikukuhkan dengan sertifikat Fair Trade Certified™ dari Organisasi Internasional Fair Trade pada tanggal 27 Mei 2010, Kopi Gayo menerima sertifikat IG (Indikasi Geogafis) diserahkan kepada pemda oleh Menteri Hukum dan HAM Indonesia. Kemudian pada Event Lelang Special Kopi Indonesia tanggal 10 Oktober 2010 di Bali, kembali Kopi Arabika Gayo memperoleh score tertinggi saat Cupping Score. Kopi Gayo merupakan varietas kopi arabika yang menjadi salah satu komoditi unggulan yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo Aceh. Kopi merupakan komoditas ekspor yang mempunyai nilai ekonomis relatif tinggi di pasaran dunia, kopi asal Gayo atau Kopi Gayo cukup terkenal di dunia karena memiliki aroma dan kenikmatan yang khas dan jika di cupping atau di test rasa dan aroma di daerah gayo hampir memiliki cita rasa kopi yang ada di seluruh dunia, ini di akibatkan karena faktor ketinggian dan beberapa unsur lain yang menjadikan kopi gayo adalah yang terbaik.

Kopi dari daerah gayo juga merupakan kopi termahal di dunia ini terbukti pada saat pameran kopi dunia yang diselenggarakan organisasi Specialty Coffee Association of America (SCAA) di Portland, Oregon Convention Center, Amerika Serikat. Negara tujuan terbesar ekspor kopi asal dataran tinggi Tanah Gayo yang meliputi Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues itu adalah Amerika Serikat dan Uni Eropa.

3. Ganja

Tanaman yang satu ini ilegal keberadaan dan budidayanya di Indonesia. Sebelum diberlakukan larangan, daun ganja menjadi komponen sayur dan umum disajikan sebagai bumbu dalam kari dan kuah terutama pada daging sebagai penyedap alami. Meskipun dilarang, ganja aceh termasuk sederet ganja terbaik didunia. Pada awalnya tanaman ganja dimanfaatkan untuk menghasilkan serat, namun karena kandungan yang dimilikinya ganja dikonsumsi dengan cara menghisap atau dihaluskan sebagai bumbu masakan tradisional. Kandungan narkotika berupa tetrahidrokanabinol (THC, tetra-hydro-cannabinol) pada biji ganja akan menimbulkan efek euforia bila dikonsumsi.

4. Batu Giok

Batu giok aceh pada awalnya ditemukan di pedalam nagan raya dan dibawa ke banda aceh untuk dipasarkan, karena tertarik akan pesona batu tersebut maka para pecinta batu banda aceh mengujinya di laboratorium bandung dan hasilnya sungguh luar biasa dimana batu asal nagan raya ini memiliki kualitas sebagai batu giok terbaik di dunia.

Sejak memenangkan even bergengsi batu giok di Jakarta, batu giok aceh makin tersohor, ramai penggemar batu dari beragam daerah di Indonesia seperti Jakarta, Padang, Sulawesi serta Ternate berburu batu giok aceh. diluar itu toko batu giok ini dapat melayani pesanan dari luar negeri seperti Jerman, Malaysia, Brunai serta Korea.

Batu-batu ini datang dari penambang tradisional dari Nagan Raya serta Takengon. Saat ini batu giok asal aceh adalah batu giok paling baik di Indonesia, sesaat di Dunia, Batu giok aceh ada pada urutan ketiga sesudah Burma serta Cina.

Facebook Comments


batatx

Segalanya penuh warna