Pin It
Search
Friday 24 November 2017
  • :
  • :

4 Alasan Kenapa Harus Mudik ke Aceh

Lebaran sudah dekat, Hari yang dinanti oleh umat Islam di seluruh Dunia. Hari Raya Idul Fitri bukan semata-mata karena berakhirnya masa puasa sebula penuh, tetapi juha hari penting untuk saling bermaafan.  Lebaran di Indonesia selalu identik dengan kegiatan mudik. Berbagai alasan mudik ke kampung halaman menjadikan mudik lebih berkesan. Bagi kamu yang kampung halaman di Aceh memiliki tradisi dan kesan berbeda, berikut 4 alasan kenapa harus mudik ke Aceh:

1. Tradisi Meugang

Meugang Aceh
Masyarakat Aceh memiliki tradisi unik yang disebut Meugang yang bertujuan untuk menghormati datangnya hari-hari besar Islam. Di tempat lain juga ada tradisi serupa, namun ada perbedaan yang nyata dengan apa yang dilakukan oleh masyarakat Aceh. Misalnya menjelang puasa orang rama berziarah ke makam-makam keluarga atau kerabat.
Tradisi Meugang juga dikenal dengan berbagai sebutan, antara lain Makmeugang, Uroe Meugang atau Uroe Keumeukoh merupakan rangkaian aktivitas dari membeli, mengolah dan menyantap daging sapi. Meugang biasanya dilaksanakan selama tiga kali dalam setahun, yaitu dua hari sebelum datangya bulan puasa, Hari Raya Idul Fitri dan menjelang Idul Adha. Bagi kamu yang rindu masakan keluarga, hmmm saatnya bersipa untuk mudik sekarang.Rendang Aceh
2. Bertemu Keluarga

Bermaafan dengan Orang Tua
Lebaran merupakan kesempatan mengunjungi kampung halaman, bertemu teman, dan sebagainya. Walaupun tujuan utama bertemu orang tua,  tetapi pulang ke kampung halaman merupakan memeiliki alasan sebagai tujuan berkunjung ke tempat kelahiran dan kuburan juga menjadi alasan tersendiri kembali ke kampung halaman.

3. Wisata

Wisata ke Aceh
Libur berarti wisata, karena itulah biasanya tempat tempat wisata akan penuh ketika libur lebaran, sementara mereka yang biasanya di kota dan kebetulan sedang berlibur ke kampung akan menikmati pemandangan luar biasa, berupa sawah nan hijau, sungai nan jernih, pantai yang bersih, yang mana merupakan obat untuk mata yang terlalu lelah selama satu tahun.

4. Cari Jodoh

Cari Jodoh di Aceh
Dengan banyaknya manusia yang mudik lebaran, maka akan tersedia banyak pilihan untuk kawan yang masih jomblo atau yg sudah niat berkeluarga tapi tidak menemukan pasangannya. Cinta monyet, kawan lama, atau mungkin saudara jauh yang sudah tumbuh dewasa, membuat lebaran menjadi kesempatan bersilaturahmi sekaligus membuka jalan untuk ke jenjang yang berikutnya, tidak jarang juga momen ini merupakan kesempatan bertemu handai taulan yang bersilaturrahmi kerumah, membawa kenalannya, dan kemudian berakhir di pelaminan.

Facebook Comments